www.kusumadewiherbal.com
www.kusumadewiherbal.com
Search
Search:
Information
Login
Shopping Cart
shopping cart
News
31 Desember 2021
Kegunaan Jahe Merah Bagi Kesehatan Kita
Khasiat Jahe Merah Bagi Kesehatan Kita detail

» index berita
USD Calc
US$ x Rp. 14,000 =
Rp.  

Kegunaan Jahe Merah Bagi Kesehatan Kita


31 Desember 2021

Khasiat Jahe Merah Bagi Kesehatan Kita

Tidak hanya digunakan sebagai bahan masakan, jahe merah juga dipakai sejak zaman dahulu
sebagai obat tradisional. Tanaman herbal ini umumnya direbus bersama air untuk dinikmati sebagai minuman. Air jahe merah, konon, memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.Manfaat air jahe merah didapat dari berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Tak hanya menghangatkan tubuh, air jahe merah juga dapat menyehatkan. Jadi, tidak heran jika banyak orang yang menggemari air jahe merah.

Berbagai manfaat air jahe merah yang dapat didapat
Jahe merah merupakan tanaman anggota famili Zingiberaceae, seperti temulawak, lengkuas, dan kencur. Pada awalnya, jahe merah tumbuh di Asia Tenggara. Namun, saat ini jahe merah telah menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia.Jahe merah mengandung banyak vitamin dan mineral yang meliputi vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, zinc, folat, niasin, dan riboflavin. Khasiat air jahe merah juga membuatnya dijadikan sebagai obat herbal. Beberapa manfaat jahe merah direbus, di antaranya:
1. Mengurangi sakit
Manfaat air jahe merah dapat membantu mengurangi rasa sakit. Dikutip dari jurnal Cephalalgia, dalam sebuah studi yang melibatkan 60 orang dewasa dengan keluhan migrain, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi jahe merah sebagai terapi tambahan memiliki efek yang baik dalam mengurangi rasa sakit, ketimbang hanya menggunakan obat penghilang rasa sakit saja.
2. Mengurangi mual
Sejak zaman dahulu, manfaat air jahe merah telah banyak digunakan sebagai obat herbal untuk meredakan mual.Dari studi terbitan Current Opinion in Supportive and Palliative Care, para peneliti mengamati 9 studi mengenai penggunaan jahe merah untuk mual pascaoperasi, morning sickness, efek samping kemoterapi, dan mual akibat virus.Semua menunjukkan bahwa manfaat air jahe merah memberi efek mengurangi mual dan muntah. Selain itu, air jahe merah juga digunakan untuk meringankan gangguan pencernaan.
3. Mencegah dehidrasi
Manfaat minum air jahe merah tiap hari dapat membantu Anda tetap terhidrasi sehingga terhindar dari dehidrasi. Meski tak dapat menggantikan air putih sebagai asupan cairan utama, Anda tetap dapat mempertahankan cairan tubuh dengan minum air jahe merah.

4. Mengurangi efek peradangan
Manfaat rebusan jahe merah dapat membantu mencegah dan menyembuhkan peradangan. Sebuah studi menemukan bahwa jahe merah dapat mengurangi reaksi alergi yang dapat disebabkan oleh peradangan. Kuman, bahan kimia, dan pola makan yang buruk dapat menyebabkan peradangan dan membahayakan tubuh.
5. Menurunkan berat badan
Rutin minum air jahe merah dapat menjadi salah satu cara menurunkan berat badan. Dalam suatu studi yang diterbitkan pada jurnal Metabolism, para peneliti membagi 10 pria ke dalam dua kelompok.Satu kelompok minum air jahe merah panas setelah sarapan, sementara satu kelompok lainnya tidak.Hasil menunjukkan bahwa orang-orang yang minum jahe merah merasa lebih kenyang. Jadi, manfaat air jahe merah dapat mengurangi nafsu makan sehingga dapat membantu berat badan turun.

6. Kaya antioksidan
Manfaat air jahe merah adalah kandungannya yang kaya antioksidan. Sifat antioksidan dalam jahe merah dapat membantu mencegah penyakit jantung, penyakit neurodegeneratif (misalnya Alzheimer dan Parkinson), kanker, dan gejala penuaan.Antioksidan juga dapat melawan spesies oksigen reaktif (radikal bebas berupa oksigen) yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan merusak sel-sel tubuh. Meminum air jahe merah dapat membantu mencegah dan melawan efek negatif dari spesies oksigen reaktif.
7. Meredakan nyeri sendi dan otot
Jahe merah mengandung senyawa antiinflamasi yang bermanfaat untuk mengobati nyeri dan peradangan. Jadi, manfaat air jahe merah membantu meredakan gejala arthritis, seperti nyeri sendi. Selain itu, efek relaksasi yang ditimbulkannya juga dapat mengurangi nyeri otot.
8. Mengontrol kadar gula darah
Manfaat rebusan jahe merah dapat membantu mengontrol kadar gula darah saat puasa pada penderita diabetes tipe-2. Menurut penelitian terbitan Iranian Journal of Pharmaceutical Research, dalam sebuah studi yang dilakukan selama 12 minggu, orang-orang penderita diabetes tipe-2 yang mengonsumsi jahe merah mengalami penurunan gula darah saat puasa yang signifikan.Selain itu, terdapat pula studi yang menunjukkan bahwa manfaat rebusan jahe merah dapat membantu mengobati masalah kesehatan yang disebabkan diabetes kronis.
9. Mengurangi kolesterol
Sebuah studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa manfaat rebusan jahe merah dapat mengurangi kadar kolesterol.Ini dapat mengurangi kolesterol jahat LDL dan trigliserida sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung.Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai berbagai manfaat air jahe merah tersebut sebab dapat saja tidak semua orang dapat merasakannya manfaatnya. Namun, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba minum air jahe merah.
Khasiat minum air jahe merah
Minum air jahe merah mungkin aman bagi kebanyakan orang. Namun, jika Anda memiliki kondisi medis atau alergi tertentu, sebaiknya berkonsultasilah pada dokter terlebih dahulu. Terdapat kekhawatiran bahwa jahe merah dapat mengganggu obat pengencer darah.Selain itu, efek samping minum air jahe merah tiap hari secara berlebihan juga dapat menyebabkan efek samping, seperti sakit perut, perut bergas, diare, dan mulas. Untuk itu, pastikan Anda tidak mengonsumsi jahe merah lebih dari 5 gram per hari.Meski tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa jahe merah dapat menyebabkan masalah pada kehamilan. Namun, sebaiknya selalu berkonsultasi pada dokter sebelum Anda ingin minum air jahe merah karena lebih baik mencegah daripada mengobati.
Cara membuat air jahe merah
Siapa bilang membuat air jahe merah itu sulit? Anda dapat dengan mudah melakukannya di rumah, lho! Sebelum membuatnya, pastikan bahwa Anda menggunakan jahe merah yang segar. Adapun cara membuat air jahe merah yang praktis dilakukan, yaitu:
• Cuci jahe merah yang akan digunakan (jahe merah biasa atau jahe merah merah)
• Parut 1 ½ sdt jahe merah segar yang sudah dicuci tersebut
• Rebus lah 4 gelas air hingga mendidih
• Tambahkan parutan jahe merah ke dalam rebusan air
• Diamkan selama 5-10 menit
• Saring air jahe merah untuk menghilangkan parutan-parutan jahe merah
• Jika ingin variasi, maka dapat ditambahkan madu atau lemon, atau jeruk nipis. Variasi lain yang dapat Anda coba adalah rebusan jahe merah dan kayu manis.
Anda dapat meminumnya panas ataupun dingin. Wangi yang kuat dari jahe merah akan menenangkan hidung Anda. Anda pun dapat menambahkan beberapa rempah lainnya pada varian air jahe merah, seperti air rebusan jahe merah, kunyit, dan sereh. Tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi rebusan daun salam dan jahe merah. Jadi, selamat mencoba!
Kata siapa mengkonsumsi jahe merah itu ribet?
Jika kamu tidak ingin terlalu ribet dan susah karena harus mencari jahe merah segar untuk dipersiapkan minum, anda juga dapat mencari alternative dengan mengkonsumi jahe merah kering atau jahe merah bubuk. Khasiatnya tentu saja tidak sama dengan jahe merah segar, namun dapat menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan anda di masa-masa pandemi ini. Ditambah lagi, dengan segala kesibukan dan aktivitas kita.
Salam,
Jamu Untuk Kamu.

Pembayaran
BCA

Mandiri

© 2022 www.kusumadewiherbal.com


Toko Online